Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2014): Maret 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SDN 20

F 34210622, Saringan (Unknown)
., Abdussamad (Unknown)
., Sugiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2014

Abstract

Abstrak : Judul penelitian ini adalah : Peningkatan Altivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inquiri Pada Pembelajaran Matematika Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 20 Kecamatan Ponntianak Selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah : Metode diskriptif dengan bentuk penelitian pengumpulan data dan observasi langsung. Subjek penelitian adalah 25 orang siswa kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 20 Kecamatan Pontianak selatan, menekankan keaktifan siswa yang optimal pada pembelajaran matematika, setiap aspek penelitian mendapat peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 51,20 %, dan pada siklus ke II sebesar 85,60 % dengan kategori tinggi peningkatan sebesar 34,40 %. Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Metode Inquiri. Abstract: The title of this study is: "Improving Student Learning Altivitas inquiri Method Using Learning Mathematics Class VI In A Public Elementary School 20 District of South Ponntianak". Methods used are: the descriptive method of research data collection forms and direct observation. The subjects were 25 students of class VI A Public Elementary School 20 District of South Pontianak, emphasizing optimal activity of students in the learning of mathematics, every aspect of the study an increase in student learning activities, in the first cycle of learning activities of students at 51.20%, and the cycle II amounted to 85.60% with an increase of 34.40 high category%. Keywords: Student Activities, the inquiry method.

Copyrights © 2014