Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 10 (2013): Oktober 2013

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PEMANGKAT

F04611008, muryati (Unknown)
-, zubaidah (Unknown)
idjudin, romal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2013

Abstract

Abstraks: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan metode diskusi kelompok pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 3 Pemangkat, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Persentase keaktivan siswa pada siklus 1 sebesar 61,15% meningkat menjadi 72,65% pada siklus 2. Terdapat peningkatan persentase keaktivan sebesar 11,5%. Dan melalui pembelajaran dengan metode diskusi kelompok pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 3 Pemangkat, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes akhir siklus 1 terdapat 71% siswa mencapai nilai tuntas dengan nilai rata-rata kelas 60. Pada tes akhir siklus 2 terdapat 82% siswa mencapai nilai tuntas dengan nilai rata-rata kelas 64. Hal ini berarti pembelajaran dengan metode Diskusi Kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pemangkat Kabupaten Sambas. Kata Kunci : Metode diskusi kelompok, aktivitas belajar, hasil belajar. Abstraks : The method used is the method of action research . Based on the research that has been conducted concluded that learning through group discussion method on flat material up in class VII SMP Negeri 3 Pemangkat , can improve students' learning activities . Keaktivan percentage of students in cycle 1 increased by 61.15 % to 72.65 % in cycle 2 . There is a higher percentage of 11.5 % keaktivan . And learning through group discussion method on flat material up in class VII SMP Negeri 3 Pemangkat , can improve student learning outcomes . At the end of the test cycle 1 contained 71 % of students achieving grades completed with an average value of 60 classes . At the end of the test cycle 2 contained 82 % of students achieving grades completed with an average value of 64 classes . This means that learning with group discussions methods can increase the activity of learning and learning outcomes of students of class VII SMP Negeri 3 Pemangkat Sambas district . Keywords : Method of group discussions , learning activities , learning outcomes

Copyrights © 2013