Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 6 (2013): Juni 2013

PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 16 MEMPAWAH HILIR

F34210532, Hasanuddin (Unknown)
., Ngatiyo (Unknown)
Tampubolon, Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2013

Abstract

Abstrak:Penggunaan Media Kantong Bilangan pada Pembelajaran Matematika tentang Pengurangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 16 Mempawah Hilir. Tujuan, untuk memperbaiki kekurangan pada guru dan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan kantong bilangan pada pembelajaran Matematika tentang pengurangan. Metode deskriptif.Bentuk, Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif, subjek penelitian guru selaku peneliti dan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 16 Mempawah Hilir. Data yang dikumpulkan adalah data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpul data, teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data, lembar observasi dan tes tertulis kemampuan siswa mengurang. Hasil penelitian ini adalah skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus I adalah2,36. Pada siklus II adalah 3,55. Pada siklus III adalah 4.Skor kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,02. Pada siklus II adalah 3,54. Pada siklus III adalah 4. Dan nilai belajar siswa pada siklus I adalah 54. Pada siklus II adalah 67,6. Pada siklus III adalah 82. Nilai belajar siswa meningkat, yaitu.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media kantong bilangan pada pembelajaran Matematikadapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I Sekolah Dasar Negeri 16 Mempawah Hilir. Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, media kantong bilangan, pengurangan dua bilangan dua angka. Abstract:The Uses ofNumber Pocket ToolinLearningMathematicsonContent ofSubtractionToImproveStudent ResultsPrimaryISDN 16. Theresearch aimsaretoimprove teachers skillsandstudent learning outcomesbyapplying the number of pocket tool inMathematicslessonaboutsubtraction.This research usesdescriptive method. Form of research;Classroom Action Researchis collaborative, which are Teacher as a researcherandgradeI student ofSDN 16 as subject of research. The collected dataare aboutthe teachers abilityin planningthe learning process, implementing the learning process, and scoringstudent learning outcomes.The techniques of collecting dataweredirectobservation and measurement technique. Thedata collection toolswereobservation sheetsandwriting testsof students abilityinsubtract the two digits number.The finding was the score of the ability of teachersto plan learningin the first cycleis 2,36. In the second cycle, the score is 3,55. The third cycle is 4. The scoreof teachers ability in implementing learning processin the first cycleis3,02. In the second cycle, the score is 3,54. The third cycle is 4.On the other hand,score ofstudentlearning outcomes in the first cycle is 54. In the second cycle, the score is 67,6.In the third cycle is 82.The data is increased about 28.Itprovesthatapplying the number of pocket toolin Mathematics lessoncanimprove student learning outcomesatprimary ISDN 16. Keywords: improved learning outcomes, number of pocket tool, subtraction.

Copyrights © 2013