Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS I SDN 05 DELTA PAWAN

Haryati, Sri (Unknown)
Hasjmy, Maridjo Abdul (Unknown)
., Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik melalui pembelajaran tematik terpadu melalui pendekatan saintifik di kelas I SDN 05 Delta Pawan, serta peningkatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajarannya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian adalah bentuk survey kelembagaan dengan setting di dalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, instrumen yang digunakan lembar observasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas fisik peserta didik di kelas I SDN 05 Delta Pawan, mengalami peningkatan sebesar 1,37 kategori kurang; 2) Pelaksanaan pembelajaran meningkat sebesar 1,45 kategori kurang; 3) Aktivitas fisik peserta didik mengalami peningkatan sebesar 29,26 % kategori rendah; 4) Aktivitas mental peserta didik mengalami peningkatan sebesar 46,34 % kategori cukup; 5) Aktivitas emosional peserta didik mengalami peningkatan sebesar 33,33 % kategori rendah. Dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di kelas I , berdampak positif dan bermakna bagi peserta didik.   Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas, Saintifik.   Abstract: The purpose of this research was to describe the increase in the activity of learners through integrated thematic learning by way of scientific approach in class I primary school 05 Delta Pawan, as well as improved planning and implementation of learning.The research method using descriptive methods. This research is institutional survey with a setting in the classroom. Data collection techniques using direct observation techniques, instruments used observation sheet. This research is a classroom action research with 3 cycles. The results showed: 1) Planning thematic learning integrated with scientific approaches to increase physical activity of students in class I primary school 05 Delta Pawan, an increase of 1.37 less category; 2) Implementation of the learning increased by 1.45 less category; 3) Physical activity of students has increased by 29.26% lower category; 4) The mental activity of students has increased by 46.34% quite category; 5) emotional activity learners increased by 33.33% lower categories. With a scientific approach of learning in first class elementary school, positive impact and meaningful for students.   Keywords: Improvement, Activity, Scientific. 

Copyrights © 2014