Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 6 (2014): Juni 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK DI KELAS IV SD

Bakar, Abu (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
., Sugiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Abstrak: Masalah pada penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui pendekatan realistik pada pelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Siantan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dan sifat penelitian bersifat kolaboratif, subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Siantan yang berjumlah 21 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik dokumenter, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian berdasarkan observasi melalui pendekatan realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan penerapan pendekatan realistik pada pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Siantan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, diterima. Kata kunci : Aktivitas pembelajaran, Matematika, Pendekatan realistik Abstract: The problem in this research is an attempt to improve the learners' learning activities by using realistic approach in mathematic subjects at the fourth grade students in the Elementary School 14 Siantan. This research method is descriptive, in classroom action research, and the nature of this research is qualitative research, the research subjects are teacher and learners elementary school fourth grade students in the Elementary School 14 Siantan which consisted of 21 people in whole. The techniques used in this research were the technique of direct observation, documentary technique, and data collection tool were used as observation guidelines. The result based on observation by using realistic approach had improved learners learning activities. This shows that the hypothesis that stated the application of realistic approach in mathematic lessons at the fourth grade in the  Elementary School 14 Siantan can improve learners' learning activities, accepted. Keywords: Learning Activity, Mathematics, Realistic approach

Copyrights © 2014