Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DI SD

Marjana, . (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
Hasjmy, Maridjo Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan  menggunakan powerpoint di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18  Matan Hilir Selatan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Bentuk penelitiannya adalah survey studies. Jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang berjumlah 20 orang. Aktivitas fisik yang dilakukan peserta didik, dari rata-rata pada baseline 35,00%, disiklus III menjadi 87,50% meningkat 52,50%. Peningkatan aktivitas mental peserta didik pada indikator rata-rata pada baseline 20,00%, meningkat menjadi 90,00% disiklus III terjadi peningkatan 70,00%. Rata-rata aktivitas emosional peserta didik pada baseline 40,00%, meningkat  87,50% disiklus III terjadi peningkatan 47,50%. Dengan melalui powerpoint menunjukkan kegiatan pembelajaran pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Matan Hilir Selatan lebih menarik, membangkitkan kreativitas, menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.   Kata kunci : Peningkatan aktivitas, tematik terpadu, powerpoint.   Abstract : The purpose of this study to describe the increase in the activity of learners in an integrated thematic learning by using powerpoint in Public Elementary School Fourth Grade 18 Matan South Downstream Ketapang. The method used in this research is descriptive method of research is a survey studies Form. Type class action research. Subjects in this study were educators and learners who totaled 20 people. Physical activity of students, from an average of the baseline 35.00%, 87.50% cycled III be increased by 52.50%. Increased mental activity of students on average indicators at baseline 20.00%, increased to 90.00% cycled III increased 70.00%. Average of emotional activity learners at baseline 40.00%, an increase of 87.50% cycled III increased 47.50%. With through a powerpoint show learners learning activities in class IV State Elementary School 18 South Downstream Matan more interesting, inspire creativity, fun and meaningful for learners.   Keywords : Increased activity, integrated thematic, powerpoint.  

Copyrights © 2014