JURNAL KIMIA SAINS DAN APLIKASI
Vol 12, No 1 (2009): Volume 12 Issue 1 Year 2009

Penentuan Konsentrasi Optimum Oat Spelts Xylan pada Produksi Xilanase pari Aspergillus niger dalam Media PDB (Potato Dextrose Broth)

Nies Suci Mulyani (Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang)
Mukhammad Asy’ari (Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang)
Heru Prasetiyoningsih (Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2009

Abstract

Enzim xilanase dapat menghidrolisis xilan menjadi xilosa yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan gula xilosa. Enzim xilanase dapat di isolasi dari Aspergillus niger dan peningkatan produksi xilanase membutuhkan suatu induser yaitu oat spelt xylan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan konsentrasi optimum oat spelt xylan terhadap produksi xilanase dan karakterisasi xilanase hasil isolasi. Produksi xilanase pada media PDB (Potato Dextrose Broth) dengan penambahan variasi konsentrasi oat spelt xylan yaitu 0,0%; 0,8%; 1,0%; 1,2% dan 1,4% untuk mengetahui konsentrasi optimum oat spelt xylan. Selanjutnya produksi xilanase dengan konsentrasi optimum oat spelt xylan, xilanase dimurnikan dengan metode fraksinasi amonium sulfat bertingkat dan diálisis dan uji aktivitas menggunakan metode DNS dan uji kadar protein dengan menggunakan metode Lowry and karakterisasi enzim xilanase meliputi suhu, pH dan waktu inkubasi. Hasil penelitian yang telah diperoleh konsentrasi optimum oat splet xylan yaitu 1,2% dengan aktivitas enzim xilanase sebesar 469,490 Unit/mg protein. Enzim xilanase hasil isolasi diperoleh aktivitas tertinggi pada F5 sebesar 10280,840 Unit/mg protein dan bekerja optimum pada kondisi suhu 40oC, pH 4,5, waktu inkubasi 28 menit dan aktivitas spesifik pada kondisi optimum sebesar 11829,159 Unit/mg Protrein.Kata Kunci: Aspergillus niger, Xilanase, Oat Splet Xylan

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

ksa

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Engineering

Description

urnal Kimia Sains dan Aplikasi (p-ISSN: 1410-8917) and e-ISSN: 2597-9914) is published by Department of Chemistry, Diponegoro University. This journal is published four times per year and publishes research, review and short communication in field of ...