Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Dwi Endrasto Wibowo (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Sofyan Abdi (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengandisiplin belajar pada siswa kelas X dan kelas XI SMA Budi Mulia Hutama Jakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dan kelas IX SMA Budi Mulia HutamaJakarta, dengan jumlah total 130 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah randomsampling dan diperoleh sampel 60 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yangterdiri dari 30 item angket disiplin belajar dan 40 item angket motivasi berprestasi. Hasilpengolahan data dengan analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasisebesar rxy= 0.841 dengan p= 0,000 (p<0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasidengan disiplin belajar pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Budi Mulia UtamaJakarta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...