Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 12, No 2 (2020): WANASTRA VOLUME 12 NO. 2 SEPTEMBER 2020

Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar

Nur Azimatul Ummah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Dewi Widiana Rahayu (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Abstrak - Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara siswa di kelas IV sekolah dasar. Adapun tujuan khusus penelitian ini diperinci dalam tiga hal yakni: (1) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa, (2) mendeskripsikan hambatan dalam keterampilan berbicara, dan (3) solusi guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kinerja (performance assessment) dan wawancara. Sumber data diambil dari siswa dan guru kelas IV B di SDN Keboansikep 01 Gedangan Sidoarjo. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa tabel distribusi frekuensi dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV B di SDN Keboansikep 01 Gedangan Sidoarjo masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa 76% siswa tidak memenuhi batas KKM (skor 75). Adapun hambatan siswa dalam keterampilan berbicara yakni, (1) sulitnya siswa dalam mengeluarkan ide, (2) sulitnya siswa dalam memilih kata, dan (3) kurangnya percaya diri siswa. Solusi yang diberikan guru dalam mengatasi hambatan yang dialami siswa meliputi (1) memberikan motivasi kepada siswa, (2) membuat pembelajaran kreatif dan inovatif, dan (3) memberikan reward kepada siswa.

Copyrights © 2020