Abstrak - Ratusan Coffee-Shop berdiri di Sleman. Keunggulan bersaing menjadi faktor penting untuk survive dan profit di ketatnya persaingan. Persaingan mendorong semua lini di Coffee-Shop berada dalam performa terbaik. Fenomena yang terjadi dalam bisnis Coffee-Shop di Sleman bahwa pimpinan belum mampu mengolah karyawan sehingga perusahaan sulit berkembang dan bersaing. Tujuan penelitian untuk menemukan pengaruh faktor Kepemimpinan Transformasional (KT) dan kompetensi karyawan terhadap capaian Competitive Advantage perusahaan dengan faktor mediasi kepuasan kerja. Uji empirik dilakukan kepada 80 karyawan Coffee-Shop di Sleman, Yogyakarta berdasarkan Partial Least Square (PLS) dan Sobel Test sebagai intervening. Metode penelitian menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Kepemimpinan Transformasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, faktor kompetensi tidak berpengaruh pada kepuasan kerja, faktor kepuasan kerja tidak berpengaruh pada Competitive Advantage, faktor Kepemimpinan Transformasional berpengaruh pada Competitive Advantage dan faktor kompetensi berpengaruh pada faktor Competitive Advantage pada bisnis Coffee-Shop di Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi penelitian sumber daya manusia (faktor pimpinan, faktor karyawan) dalam pencapaian Competitive Advantage pada Coffee-Shop di Sleman Yogyakarta.Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi, Kepuasan Kerja, Competitive Advantage
Copyrights © 2020