Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra)
Vol 2 No. 1 Tahun 2019

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST BERASTAGI

Mia Audina Br Surbakti (FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Berman Hutahaean (FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist Berastagi Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian Kuantitatif Statistik. Objek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII dengan jumlah 106 orang. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa ditentukan berdasarkan teknik  purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah menggunakan angket, dokumen dan wawancara. Sesuai perumusan masalah penelitian ini ditemukan hasil penelitian sebagai simpulan: (1)  minat dan hasil belajar siswa di SMP Swasta Methodist Berastagi sangat kuat 14 orang dan kuat 22 orang; (2) pengelolaan kelas yang dilakukan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Swasta Methodist Berastagi sangat kuat 9 orang dan dan kuat 27 orang; (3) pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist Berastagi sudah baik Pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat sebesar 24,9% , pengelolaan kelas terhadap hasil belajar 6,6%. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) erbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta ...