Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 2: September 2019

Optimalisasi Program Pemasaran Bagi Pelaku Usaha Agrowisata Stroberi

Rully Arlan Tjahyadi (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
A. Rinny Maharsi (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Chandra Kuswoyo (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Nonie Magdalena (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Allen Kristiawan Kristiawan (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Ariesya Aprillia (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Cen Lu (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Kartika Imasari (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Agus Aribowo (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Kezia Kurniawati (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Felicia Abednego (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
ika Gunawan (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Anny Nurbasari (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Asni Harianti (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Maya Malinda (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Nur Nur (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Henky L. Suwarno (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Yolla Margaretha (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Vinsensius Vinsensius (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Jessica Agrippina Fedora (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Agatha Evania Alanarima (Universitas Kristen Maranatha, Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2019

Abstract

Abstrak -  La Fresa sebagai salah satu perusahaan di Lembang memiliki beberapa unit bisnis, salah satu bisnis yang menjadi perhatian khusus adalah wisata stroberi. Hampir semua agrowisata strawberry menawarkan produk dan layanan serupa kepada setiap konsumen. Agar dapat bersaing dan unggul, agrowisata harus mampu berorientasi pada proses pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha melakukan kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mengoptimalkan strategi pemasaran La Fresa. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap: (1) identifikasi Segmen, Penargetan, dan Positining (STP), serta bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh La Fresa dengan teknik Diskusi Kelompok Fokus (FGD); (2) identifikasi preferensi konsumen untuk agrowisata stroberi dan mengusulkan program pemasaran khusus ke La Fresa dengan teknik distribusi kuesioner; (3) presentasi dan konseling hasil dari FGD dan Riset Pasar.Keywords: Agrotourism, Marketing Mix, Segmentation Targeting Positioning Abstract -  La Fresa as one of the corporations in Lembang has several business units, one of the businesses that is of particular concern is strawberry tourism. Almost all strawberry agrotourism offers similar products and services to each consumer. In order to be able to compete and excel, agrotourism must be able to be oriented towards the process of fulfilling consumer desires and needs. Therefore, Departement of Management Maranatha Christian University conducts Research and Community Service activities in order to optimize marketing strategy La Fresa. This activity consists of three stages: (1) identification of Segments, Targeting, and Positining (STP), as well as the marketing mix that has been carried out by La Fresa with Focus Group Discussion (FGD) techniques; (2) identification of consumers' preferences for strawberry agrotourism and proposed specific marketing programs to La Fresa with questionnaire distribution techniques; (3) presentation and counseling of results from the FGD and Market Research.Keywords: Agrotourism, Marketing Mix, Segmentation Targeting Positioning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

patria

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian pada Masyarakat PATRIA diterbitkan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) Universitas Katolik Soegijapranata memuat berbagai artikel ilmiah yang menyajikan implementasi berbagai disiplin ilmu yang bersinergi dengan masyarakat untuk membantu menyelesaikan ...