Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2020)

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ELIANA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Saputra, Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada novel Eliana Karya Tere Liye dan mendeskripsikan relevansiya sebagai bahan ajar di SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pustaka, simak, dan catat. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif  kualitatif dengan penilaian dan deskripsi data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) nilai pendidikan karakter dalam novel Eliana arya Tere Liye menggunakan pendekatan pragmatis yang meliputi nilai-nilai agama, kejujuran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, menghargai prestasi, ramah /komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (2) novel Eliana karya Tere Liye memiliki relevansi sebagai bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas sesuai dengan silabus dan rencana pelajaran.Kata Kunci: Karakter, Novel Eliana, Bahan Ajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...