Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

USING THE COMBINATION OF MULTIPASS AND SURVEY, QUESTION, PREDICT, READ, RESPOND, SUMMARIZE (SQP2RS) IN TEACHING READING AT JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Nilawati, Nilawati (Unknown)
Alicia, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca adalah satu dari empat keahlian dasar yang harus dikuasai oleh siswa sekolah menengah pertama. Dalam hal ini membacabukan hanya untuk berbagi cerita atau informasi,namun membaca jugadapat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Melihat situasi ini, setiap guru bahasa inggris hendaknya sadar bahwa membaca bukan hanya untuk mengetahui struktur dari teks yang di baca,tetapi juga untuk mengetahui informasi dan pelajaran apa yang dapat di ambil dari teks tersebut, sehingga, dengan adanya informasi atau pelajaran yang di dapat, pembaca akan dapat saling berbagi informasi dengan orang lain. Oleh sebab itu, perlu digunakan strategi yang tepat untuk menguasai dua hal tersebut. Pada makalah ini, penulis ingin mengemukakan sebuah strategi yang dapat dijadikan  sebagai salah satu strategi yang bermanfaat bagi pengajaran dan pembelajaran membaca atau reading, yang mana strategy ini merupakan kombinasi dua buah strategi. Starategi tersebut adalah Multipass and Survey, Question, Predict, Read, Respond (SQP2RS) strategy.Multipass dan SQP2RS adalah sebuah kombinasi strategi yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami sebuah teks, dan juga memudahkan siswa di dalam menemukan ide pokok serta informasi yang terdapat di dalam teks. Dalam strategi ini siswa akan berperan lebih aktif daripada guru, karena di dalam strategi ini siswa akan menguji kemampuan mereka sendiri di dalam memperoleh informasi. Jadi strategi ini diterapkan melalui kerja sendiri atau kelompok dimana siswa terlibat aktif. Kemudian, teks yang akan diajarkan melalui strategi ini adalah teks hortatory. 

Copyrights © 2013