Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 3 No 1 (2019): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Hubungan Antara Metode Karyawisata Dengan Pembentukan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di PAUD Al-Baitul Amien Jember

Wiga Ines Saputri (Pendidikan Luar Sekolah)
Arief Tukiman Hendrawijaya (Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember)
Niswatul Imsiyah (Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Metode karyawisata merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini. Pemilihan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, anak usia dini memiliki peran yang sangat penting, karena pendidikan anak usia dini membantu dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak dan meletakkan dasar pembentukan karakter, terutama karakter mandiri untuk bekal ketika dewasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang pengambilan datanya menggunakan observasi berupa chek list dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang yang diolah menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 24. Dari proses tersebut diketahui adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang menunjukkan correlaton coefificient sebesar 0,832, jika dikonsultasikan dengan harga r kritik sebesar 0,450 dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05, akan menunjukkan bahwa correlaton coefificient ≥ r kritik, = 0,832 ≥ 0,450. Dan jika diprosentasekan metode karyawisata memberikan kontribusi 69,22%, terhadap pembentukan karakter mandiri anak usia dini sedangkan sisanya 30,78% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran untuk pengelola lembaga dan pendidik PAUD Al-Baitu Amien Jember hendaknya lebih mengembangkan berbagai metode maupun kegiatan yang dapat membangun dan menumbuhkan sikap mandiri peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...