Laboratorium pembelajaran fisika memiliki peranan penting di antaranya untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan laboratorium pada pembelajaran fisika di SMK Negeri Se-Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMK Negeri di Kabupaten Kolaka yang belajar fisika. Fokus penelitian ini mengkaji empat indikator yaitu personil laboratorium, regulasi laboratorium, kesiapan fasilitas sarana dan prasaran laboratorium, serta pemanfaatan laboratorium. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 9 sekolah personil laboratoriunya tidak memiliki sertifikat laboran. Terdapat 4 yang memiliki tata tertib dan jadwal praktikum serta 3 sekolah yang memilki struktur organisasi. Untuk kesiapan fasilitas sarana dan prasarana laboratorium memperoleh nilai sebesar 61,88 % dengan kategori siap akan tetapi tidak di manfaatkan dengan baik.Â
Copyrights © 2020