Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING BY COMBINING VISUAL SCAFFOLDING STRATEGY WITH SKETCH TO STRETCH STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Irnawati, Irnawati (Unknown)
Ikhsan, M. Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKpengajaran membaca merupakan salah satu pengajaran penting dalam bahasa inggris yang harus dikerjakan oleh setiap guru kepada siswanya. Sejalan dengan pentingnya pengajaran membaca maka, guru harus kreatif dan inovatif untuk membuat pembelajaran reading lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam menemukan strategi yang cocok untuk pembelajaran membaca, khususnya dalam mempelajari teks naratif.Dalam hal ini penulis membahas bagaimana pengajaran membaca melalui penggaungan strategi visual scaffolding dan strategi sketch to stretch yang membantu siswa mudah untuk mengingat kosakata dan memahami informasi yang ditemukan dalam teks yang mereka baca. Strategi yang kedua adalah sketch to stretch yang membantu siswa menggamabarka apa yang mereka pahami isi dalam teks. Di dalam strategi ini siswa tidak harus bisa menggambar dengan bagus. Perpaduan dua strategi ini sangat membantu perkembangan siswa dalam meningkatkan kosa kata yang ada dalam teks dan memahami informasi dalam teks, dengan strategi ini juga bisa menimbulkan kreativitas siswa dalam menghasilkan gamabar-gambar yang memotivasi siswa dalam membaca. Penulis juga mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca, 

Copyrights © 2013