Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Studi Sosial

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEJARAH BERBASIS SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS XI IPS

Mida Handayani (Unknown)
Trisnaningsih Trisnaningsih (Unknown)
Risma M Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

This study aims to produce a scientific-based History LKPD and find out an increase in the character value of students. This research based on Research and Development using the 4-D model from Thiagarajan, Semmel Semmel (1974) and the reasearch limited/simplified into 3 stages namely defining, designing and developing, Data collected by questionnaire from material experts, media experts, linguists, teachers and students 'responses and students' character assessment. This reasearch results indicate (1) developed LKPD has a level of validity (2) the characters of students who have increased the character of responsibility with an average of 3.8 are in the high category, mutual cooperation characters with a mean of 3.7 are in the high category and characters cooperation with an average of 3.8 is in the high category. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Sejarah berbasis saintifik dan mengetahui adanya peningkatan nilai karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, Semmel Semmel (1974) karena keterbatasan dari peneliti tahapan disederhanakan menjadi 3 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 SMA YP UNILA Bandar Lampung. Pengumpulan data ini menggunakan angket validasi LKPD dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru dan respon peserta didik serta penilaian karakter peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas (2) karakter peserta didik yang mengalami peningkatan yaitu karakter tanggung jawab dengan rerata 3,8 berada pada kategori tinggi, karakter gotong royong dengan rerata 3,7 berada pada kategori tinggi dan karakter kerjasama dengan rerata 3,8 berada pada kategori tinggi. Karakter responsif peserta didik belum mengalami peningkatan yang signifikan, namun berada pada kategori sedang dengan rerata sebesar 3,3.Kata kunci: Pengembangan LKPD, Berbasis Saintifik, Karakter

Copyrights © 2020