Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol 1, No 1 (2017)

Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun RA I’anatush Shibyan Al-Irsyad 2013

Sopiah Sopiah (Program studi PG- PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas MH. Thamrin)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun.Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di I’anatush Shibyan Al-Irsyad sebanyak 40 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 80 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas adalah tes berupa soal dalam bentuk uraian dan instrumen motivasi belajar adalah angket dengan skala likert. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan lebih tinggi daripada anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan alat permainan edukatif buatan; (2) Terdapat interaksi antara alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia dini, (3) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat menggunakan alat permainan edukatif buatan; (4) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik pada kelompok siswa motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif buatan. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar rendah dapat digunakan alat permainan edukatif pabrik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...