ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan antara Partner Prediction Strategy dengan Direct Instructional Strategy dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode experimental yang membandingkan dua variabel bebas serta menggunakan dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas control. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 11 Padang Tahun Ajaran 2013/2014 yaitu 150 siswa yang terdiri dari 5 (lima) kelas. Sementara itu, kelas sampel ditentukan dengan uji normality dan homogenity serta nilai rata-rata. Instrumen dari penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative dan recount texts. Berdasarkan hasil analisis tes, didapatkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen (X 5) 24.50 dan varian 18.60, sedangkan rata-rata dari hasil tes pada kelas kontrol (X 4) 22.26 dan varian 15.99. Pengujian hipotesis dari penelitian ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh tcalculated (2.26) lebih besar dari ttable (2.00) dengan nilai signifikansi 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Partner Prediction Strategi terhadap pencapaian nilai reading siswa karena strategi ini mampu meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran reading pada kelas X SMAN 11 Padang tahun ajaran 2013/2014.
Copyrights © 2013