Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata
Vol. 5 No. 2 (2018): Desember

Pemetaan Industri Pariwisata Maluku sebagai Landasan Perancangan Strategi Brand Baronda Maluku

Rahman Muslim Moro Saimima (Institut Teknologi Bandung)
Alvanov Zpalanzani (Institut Teknologi Bandung)
Intan Rizky Mutiaz (Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Dalam menjalankan fungsi komunikasi pemasaran yang efektif, Dinas Pariwisata Maluku sebagai salah satu stakeholder pariwisata membutuhkan sebuah proses pengembangan keberlanjutan melalui perancangan strategi komunikasi pemasaran yang tepat guna untuk peningkatan jumlah wisatawan Nusantara pada khususnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penerapan analisis data melalui model SOSTAC + 3Ms planning system (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control, Men, Minutes, and money) dengan penilaian secara objektif, empirik dan sistematik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) industri pariwisata Maluku memiliki potensi wisata sejumlah 440 wisata bahari, 222 wisata budaya/sejarah, 39 wisata buatan, 6 atraksi acara berskala nasional dan internasional, 235 fasilitas akomodasi, 61 transportasi laut dan udara serta 1.739 fasilitas pendukung (2) strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan menitik-beratkan pada media lini bawah (below the line) dengan cakupan pasar Nusantara yang rendah sehingga dibutuhkan pengembangan strategi media melalui komunikasi pemasaran terpadu (intergrated marketing communication).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

barista

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata (ISSN 2356-1602; e-ISSN 2622-5999) is a peer-reviewed journal which is published by Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Language Unit of Bandung Tourism Institute). Barista aims at initiating and stimulating advances in Language and tourism ...