Psyche: Jurnal Psikologi
Vol 2, No 2 (2020)

PENGARUH PENGHAYATAN PEERS SUPPORT TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SISWA KELAS X SMA “X” BANDUNG

Dhanawa Rylla Insani (Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha)
Jane Savitri (Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penghayatan peers support terhadap school engagement pada Siswa Kelas X SMA “X” Bandung sejumlah 292 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengaruh. Alat ukur yang digunakan disusun oleh Savitri (2018) yang berasal dari teori school engagement oleh Fredricks (2004), Alat ukur peers support disusun oleh peneliti berdasarkan teori peers support oleh House (1981). Berdasarkan pengolahan data ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari peers support terhadap tipe-tipe school engagement, yaitu behavioral engagement (R2 = 0,177), emotional engagement (R2 = 0,236), dan cognitive engagement (R2 = 0,132).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TIT

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry ...