cover
Contact Name
Sovi Septania
Contact Email
sovi.septania@gmail.com
Phone
+628117205670
Journal Mail Official
jurnalpsikologipsyche@gmail.com
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 14 Kedaton Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Psyche: Jurnal Psikologi
ISSN : 26860430     EISSN : 26556936     DOI : https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.171
PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry and organization, education, development, social and islamic psychology. Psyche accepts various research methods, both quantitative and qualitative methods. Psyche will be published bi-annually every February and August and consist of 8 selected articles.
Articles 85 Documents
INTELIGENSI DAN KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR Lely Ika Mariyati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.67

Abstract

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang lanjutan pendidikan formal dasar setelah taman kanak- kanan/ pendidikan anak usia dini “PAUD”. Dua hal penting yang saling memiliki keterkaitan dalam persiapan pendidikan anak di sekolah dasar, yakni kematangan masuk sekolah (school maturity dan kesiapan masuk sekolah (school readiness). Kematangan meliputi pertumbuhan fisik sedangkan kesiapan terkait kualitas/keterampilan individu yang disebabkan oleh kematangan dan proses belajar. Variabel Y dalam penelitian ini adalah kesiapan masuk sekolah dasar dan variabel X adalah inteligensi (IQ). Penelitian bersifat deskriptif dan kuantitatif yang artinya penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menggambarkan hasil hubungan antara variabel kesiapan masuk SD dengan Inteligensi anak. Subyek penelitian ini adalah calon siswa sekolah dasar dan Madrasah ibtidaiyah baik negeri maupun swasta di Jawa Timur dengan jumlah 295 calon siswa dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data adalah dokumen hasil tes CPM, dan NST calon siswa. Hasil analisa Korelasi Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS menunjukan hasil rxy= 0,342 dan p= 0,000, artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara inteligensi dengan kesiapan masuk sekolah dasar.
PENGARUH PENGHAYATAN PEERS SUPPORT TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SISWA KELAS X SMA “X” BANDUNG Dhanawa Rylla Insani; Jane Savitri
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.237

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penghayatan peers support terhadap school engagement pada Siswa Kelas X SMA “X” Bandung sejumlah 292 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengaruh. Alat ukur yang digunakan disusun oleh Savitri (2018) yang berasal dari teori school engagement oleh Fredricks (2004), Alat ukur peers support disusun oleh peneliti berdasarkan teori peers support oleh House (1981). Berdasarkan pengolahan data ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari peers support terhadap tipe-tipe school engagement, yaitu behavioral engagement (R2 = 0,177), emotional engagement (R2 = 0,236), dan cognitive engagement (R2 = 0,132).
FAKTOR RESILIENSI KLIEN PEMASYARAKATAN DALAM PERSPEKTIF TEORI BIOEKOLOGI BRONFENBENNER: PENTINGNYA FAKTOR DUKUNGAN SOSIAL aisyah nurul hafidah; Margaretha Margaretha
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i1.161

Abstract

The difficulties faced by parolee in social reintegration process can make them resort back to crime or recidivist. However, if individuals can adapt positively, correctional clients can achieve resilient conditions, hence, easier for them to stay out from crime The purpose of this study was to determine the protective factors and risk factors that influence resilience of parolee during the social reintegration process using the perspective of Bronfenbrenner's bioecological theory. This study was conducted on a sample of 131 adult parolee registered at Correctional Center Class I Surabaya. Data obtained using survey methods and using simple regression analysis methods. This study shows that the factors that influence resilience of parolee are factors that are in the microsystem layer, namely social support factors. Keywords: resilience, correctional clients, protective factor, risk factor
MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PARENTAL EMPATHY IBU-IBU BHAYANGKARI MELALUI PELATIHAN “MENGASUH DENGAN EMPATI, MENGASUH DENGAN HATI” Nindia Nahardita; Puji Lestari Suharso
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i2.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan “mengasuh dengan empati, mengasuh dengan hati” dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan parental empathyibu-ibu bhayangkari. Penelitian ini berbentuk pelatihan dengan dasar pikiran experiential learningyang diberikan pada sekelompok ibu-ibu bhayangkari yang memiliki anak usia 3 sampai 5 tahun, dan merupakan penelitian dengan one group pretestdan posttest design. Penelitian ini dilakukan di Jakarta Timur dengan melibatkan partisipan sebanyak 13 orang ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun dengan diberikan pelatihan sebanyak 10 sesi dalam waktu 4 hari. Pretest dan posttest diberikan sebelum dan setelah pelatihan dengan instrumen yang mengukur kemampuan parental empathy berdasarkan Eagle dan Bylund Makoul yang dirancang oleh peneliti. Hasil pretestdan post testdiuji dengan uji non parametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value0,003 (<0,05). Hasil ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-testdan post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan “Mengasuh dengan Empati, Mengasuh dengan Hati” dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan parental empathyibu. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan kunjungan rumah kepada partisipan agar partisipan memperoleh umpan balik langsung dan kemampuan parental empathy akan lebih meningkat. Kata kunci: Pelatihan, Mengasuh dengan empati, Empati, Pengasuhan, Parental empathy, Ibu
LUPA, DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR DAN ISLAM Rena Kinnara Arlotas; Robi Mustika
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.72

Abstract

Belajar merupakan perubahan perilaku yang bersifat relatif permanen, yang diperoleh melalui pengalaman- melalui interaksi dengan lingkungan. Belajar merupakan kunci dalam pendidikan. Namun seringkali proses belajar diganggu oleh terjadinya “lupa”. Lupa dapat menghambat efektivitas proses belajar. Psikologi belajar dan Islam memiliki pandangan yang berbeda mengenai lupa. Psikologi belajar memandang lupa terjadi karena telah lamanya informasi terseimpan dalam memori dan tidak digunakan, terganggunya informasi lama akibat munculnya informasi baru atau sebaliknya, terganggunay skema kognitif mengenai suatu informasi, dank arena memang informasi tersebut sengaja dilupakan. Namun Islam lebih memandang bahwa lupa terjadi karena lalainya manusia dari mengingat dan mendekatkan diri pada Allah.
HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN REGULASI DIRI PADA SANTRI MADRASAH DINIYAH DI SIDOARJO Zahrotin Prasetyana; Lely Ika Mariyati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.240

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena santri yang mengalami permasalahan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara religiusitas dan regulasi diri pada santri madrasah diniyah di Sidoarjo. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah religiusitas sebagai variabel bebas dan regulasi diri sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di madrasah diniyah dengan jumlah sampel sebanyak 65 santri yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala psikologi model Likert, yaitu skala religiusitas dan skala regulasi diri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara religiusitas dengan regulasi diri pada santri madrasah diniyah di Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson menggunakan bantuan program SPSS for windows. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,720 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya ada hubungan positif antara religiusitas dengan regulasi diri yang signifikan dan searah. Sehingga semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi pula regulasi diri pada santri di Madrasah Diniyah di Sidoarjo, begitu pula sebaliknya. Adapun sumbangan efektif religiusitas terhadap regulasi diri adalah sebesar 51,1%.
EFEKTIVITAS PELATIHAN MANAJEMEN STRES DALAM PENURUNAN STRES KERJA PADA ANGGOTA BADAN SEARCH AND RESCUE NASIONAL (BASARNAS) KOTA PADANG Mutiara Ramadhani; Widia Sri Ardias
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i1.178

Abstract

The purpose of this study was to see what level of stress the work of members of the Padang City BASARNAS before being given training, and after being given stress management training. Furthermore, the research also highlighted the influence of stress management training in reducing work stress on members of the Padang City BASARNAS. The method used in this study is a quantitative method of experimental design with the technique of T-test test analysis with paired sample T-test that is processed with SPSS version 20.0 for Windows. The independent variables in this study were stress management training and work stress dependent variables. The population of this study are members of the Padang City BASARNAS. Using purposive sampling while the data collection techniques in this study use psychological measuring instruments in the form of scales, the scale of work stress totaling 24 items. The results showed that before being given stress management training 4 members of the Padang City BASARNAS had a high stress level category, and 4 people in the moderate category. After being given stress management training the stress level of BASARNAS members in Padang decreased by 5 people in the medium category, and 3 people in the low category. Effective stress management training reduces work stress on members of the Padang City BASARNAS as evidenced by the significant index results of 0,000 (<0.050). Similar training in areas of work with the potential for high levels of work stress is recommended to be carried out so that employee performance can be optimized due to efforts to manage employee stress. Keywords: Training, Stress Management, Job Stress, BASARNAS
DAFTAR ISI VOL 1. NO. 2 Sovi Septania
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i2.104

Abstract

KATA PENGANTAR CHIEF EDITOR PSYCHE: JURNAL PSIKOLOGI Any Nurhayaty
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.77

Abstract

Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kami mempersembahkan Edisi Perdana Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung yang kami beri nama PSYCHE. Lahirnya Jurnal Psyche ini merupakan salah satu sumbangsih pemikiran, sarana tukar informasi, sumber wacana akademik, dan ajang untuk desiminasi gagasan, ide, dan hasil penelitian dalam bidang ilmu psikologi. Psyche secara resmi telah diakui oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan dikeluarkannya nomor eISSN 2655-6936. Psyche akan mempublikasikan jurnal dalam ranah keilmuan psikologi sebanyak 2x setahun, yaitu setiap bulan Februari dan Agustus.Dengan adanya kesempatan yang luar biasa ini, maka kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para kontributor/penulis yang telah menyumbangkan pemikiran ilmiah dalam berbagai topik psikologi. Universitas yang telah bekerja sama dalam penerbitan edisi perdana Psyche ini adalah Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Malahayati dan UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Psyche dapat diakses secara bebas melalui web Open Journal System kami melalui laman http://journal.uml.ac.id/index.php/TIT. Kami sangat terbuka menerima artikel ilmiah dalam ranah psikologi sehingga kontribusi kami dalam perkembangan keilmuan dapat semakin maju dan komprehensif. Sejalan dengan itu, tim jurnal kami sedang dalam proses pengajuan akreditas jurnal sehingga diharapkan pada edisi kedua kami di bulan Agustus 2019 jurnal PSYCHE telah menjadi jurnal yang terakreditasi Sinta. Februari, 2019 Chief EditorDr. Any Nurhayaty, M.Si., Psikolog
PENYUSUNAN ULANG DESKRIPSI PEKERJAAN DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN BERBASIS KOMPETENSI PADA RUMAH SAKIT X Kharis Rauf; Artiawati Artiawati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.68

Abstract

Peneliti mengkaji kembali deskripsi pekerjaan karyawan untuk disesuaikan dengan kebutuhan Rumah Sakit X, serta merancang metode pengembangan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif evaluatif yaitu penelitian yang sering digunakan oleh organisasi dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi suatu program, cara kerja dan kebijakan lainya. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dan pengumpulan dokumen. Sebanyak enam jabatan yang dilakukan review deskripsi pekerjaan serta dilakukan identifikasi kompetensi inti. Terdapat lima kompetensi inti yang teridentifikasi, kemudian dilakukan proses leveling sebagai dasar untuk melakukan rancangan pengembangan dalam proses wawancara berbasis perilaku. Hasil penelitian ini adalah deskripsi pekerjaan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, kamus dan rubrik lima kompetensi inti yaitu customer services orientation, concern for order, achievement orientation developing others,dan flexibility. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan gap kompetensi pada job holder yaitu, concern for order, achievement orientation dan flexibility kemudian peneliti merancang intervensi achievement motivation training, coaching dan monitoring untuk meningkatkan kompetensi tersebut.