cover
Contact Name
Sovi Septania
Contact Email
sovi.septania@gmail.com
Phone
+628117205670
Journal Mail Official
jurnalpsikologipsyche@gmail.com
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 14 Kedaton Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Psyche: Jurnal Psikologi
ISSN : 26860430     EISSN : 26556936     DOI : https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.171
PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry and organization, education, development, social and islamic psychology. Psyche accepts various research methods, both quantitative and qualitative methods. Psyche will be published bi-annually every February and August and consist of 8 selected articles.
Articles 77 Documents
INTELIGENSI DAN KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR Lely Ika Mariyati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.67

Abstract

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang lanjutan pendidikan formal dasar setelah taman kanak- kanan/ pendidikan anak usia dini “PAUD”. Dua hal penting yang saling memiliki keterkaitan dalam persiapan pendidikan anak di sekolah dasar, yakni kematangan masuk sekolah (school maturity dan kesiapan masuk sekolah (school readiness). Kematangan meliputi pertumbuhan fisik sedangkan kesiapan terkait kualitas/keterampilan individu yang disebabkan oleh kematangan dan proses belajar. Variabel Y dalam penelitian ini adalah kesiapan masuk sekolah dasar dan variabel X adalah inteligensi (IQ). Penelitian bersifat deskriptif dan kuantitatif yang artinya penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menggambarkan hasil hubungan antara variabel kesiapan masuk SD dengan Inteligensi anak. Subyek penelitian ini adalah calon siswa sekolah dasar dan Madrasah ibtidaiyah baik negeri maupun swasta di Jawa Timur dengan jumlah 295 calon siswa dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data adalah dokumen hasil tes CPM, dan NST calon siswa. Hasil analisa Korelasi Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS menunjukan hasil rxy= 0,342 dan p= 0,000, artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara inteligensi dengan kesiapan masuk sekolah dasar.
PENYUSUNAN ULANG DESKRIPSI PEKERJAAN DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN BERBASIS KOMPETENSI PADA RUMAH SAKIT X Kharis Rauf; Artiawati Artiawati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.68

Abstract

Peneliti mengkaji kembali deskripsi pekerjaan karyawan untuk disesuaikan dengan kebutuhan Rumah Sakit X, serta merancang metode pengembangan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif evaluatif yaitu penelitian yang sering digunakan oleh organisasi dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi suatu program, cara kerja dan kebijakan lainya. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dan pengumpulan dokumen. Sebanyak enam jabatan yang dilakukan review deskripsi pekerjaan serta dilakukan identifikasi kompetensi inti. Terdapat lima kompetensi inti yang teridentifikasi, kemudian dilakukan proses leveling sebagai dasar untuk melakukan rancangan pengembangan dalam proses wawancara berbasis perilaku. Hasil penelitian ini adalah deskripsi pekerjaan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, kamus dan rubrik lima kompetensi inti yaitu customer services orientation, concern for order, achievement orientation developing others,dan flexibility. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan gap kompetensi pada job holder yaitu, concern for order, achievement orientation dan flexibility kemudian peneliti merancang intervensi achievement motivation training, coaching dan monitoring untuk meningkatkan kompetensi tersebut.
PENGARUH MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP LONG TERM MEMORY SISWA SMA XAVERIUS BANDAR LAMPUNG Satrio Hadi Nugraha
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik klasik Mozart terhadap long term memorypada siswa SMA Xaverius Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan yang positif antara musik klasik dengan long term memory pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa-siswi SMA Xaverius Bandar Lampung kelas XI berjurusan IPS yang dipilih secararandom. Data penelitian diambil menggunakan alat ukur Intelligence Structure Test sub-tes 9Merkaufgable (ME). Data yang terkumpul dianalisis dengan hasil hitung T-Test dari program komputer SPSS 17. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh musik klasik Mozart terhadaplong term memory siswa SMA Xaverius Bandar Lampung (t-hitung = 2,245, p = 0.038 atau < 0.05).
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII SMK “X” KABUPATEN WAYKANAN Dewi Lutfianawati; Neni Widyayanti
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.70

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kematangan karir siswa SMK “X” Kab.Way Kanan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas X II SMK “X” Kabupaten Way Kanan dengan jumlah 71 siswa. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 20. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kematangan karir siswa diperoleh nilai p=0.000 dengan r=0.604. Ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan kematangan karir siswa diperoleh nilai p= 0.000 dengan r= 0.510. Ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kematangan karir siswa SMK “X” Kab.Way Kanan dengan F= 25.444 dan p= 0.000 dengan R Square= 0.427. Sumbangan efektif variable efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kematangan karir sebesar 42,7%.
HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA ANGKATAN 2016 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI Uswatun Hasanah; Sri Maria; Dewi Lutfianawati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.71

Abstract

Prestasi belajar menjadi salah satu parameter keberhasilan belajar mahasiswa. Regulasi diri merupakan faktor penting dalam belajar karena ikut menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai prestasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik. Rancangan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati sebanya 327 orang. Analisis data menggunakan ujiSpearman. Didapatkan 180 sample. Sebagian besar responden memiliki regulasi diri dalam belajar yang tinggi sebanyak 150 orang (83,3%). Nilai median dari regulasi diri dalam belajar adalah 101. Prestasi belajar yang tinggi sebanyak 121 orang (67,2 %). Nilai median dari prestasi belajar adalah 2,84. Hasil analisis bivariat dengan uji Spearman didapatkan p-value = 0,000 dengan r = 0,445. Terdapat hubungan signifikan dengan kekuatan kolerasi yang sedang dengan arah kolerasi = (positif) atau searah antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati
LUPA, DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR DAN ISLAM Rena Kinnara Arlotas; Robi Mustika
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.72

Abstract

Belajar merupakan perubahan perilaku yang bersifat relatif permanen, yang diperoleh melalui pengalaman- melalui interaksi dengan lingkungan. Belajar merupakan kunci dalam pendidikan. Namun seringkali proses belajar diganggu oleh terjadinya “lupa”. Lupa dapat menghambat efektivitas proses belajar. Psikologi belajar dan Islam memiliki pandangan yang berbeda mengenai lupa. Psikologi belajar memandang lupa terjadi karena telah lamanya informasi terseimpan dalam memori dan tidak digunakan, terganggunya informasi lama akibat munculnya informasi baru atau sebaliknya, terganggunay skema kognitif mengenai suatu informasi, dank arena memang informasi tersebut sengaja dilupakan. Namun Islam lebih memandang bahwa lupa terjadi karena lalainya manusia dari mengingat dan mendekatkan diri pada Allah.
HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN OTONOMI KERJA DENGAN KOMITMEN AFEKTIF Nabilah Ayu Shabrina; Artiawati Artiawati; Darmawan Muttaqin
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.73

Abstract

Komitmen guru dapat menjadi salah satu hal utama untuk menentukan keberhasilan sekolah. Beberapa faktor yang berhubungan dengan komitmen afektif adalah persepsi dukungan organisasi dan otonomi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi dukungan organisasi dan otonomi kerja dengan komitmen afektif. Subjek penelitian ini (N=59) adalah guru SD dan SMA di Yayasan Khadijah Surabaya, lama bekerja minimal satu tahun. Pengukuran terhadap komitmen afektif, persepsi dukungan organisasi, dan otonomi kerja masing-masing dilakukan dengan menggunakan Affective Commitment Scale, Survey of Perceived Organizational Support, danBreaugh’s Work Autonomy Scale. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistic korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi dengan komitmen afektif (r = 0,489; p < 0,05), dan tidak adanya hubungan yang signifikan antara otonomi kerja dengan komitmen afektif (r = 0,115; p > 0,05). Saran untuk organisasi agar organisasi dapat lebih memerhatikan dukungan yang diberikan kepada karyawan. Saran untuk penelitian selanjutnya, disarankan memertimbangkan variabel-variabel lainnya yang berkaitan dengan komitmen afektif, antara lain penghargaan organisasi, keadilan prosedural, dukungan atasan.
DELINKUENSI PENYALAHGUNA NARKOBA PADA ANAK DIBAWAH UMUR Zelzha Restalia; Sovi Septania
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.74

Abstract

Angka penyalahguna narkoba di Bandar Lampung mengalami peningkatan di empat tahun terakhir (2014-2018) sebesar 42,2%. Kondisi tersebut menempatkan Lampung berada di peringkat ke-10 pada 2014, dan terakhir tahun 2018 menjadi peringkat delapan nasional. Hasil tangkapan Badan Narkotika (BNN), selama Maret 2018 ini, Indonesia merupakan salah satu negara target pengedar narkoba dan Indonesia masuk ke situasi darurat narkoba dengan korban akibat narkoba yang mencapai 3,7 juta orang yang terdiri dari laki-laki sebesar 72,36% dan perempuan 27,64% diantaranya 16,99% rumah tangga, 59,29% pekerja, dan 23,72% pelajar (BNN, 2018). Hal ini menunjukan anak di bawah umur memiliki porsi yang cukup besar baik bagi penyalahgunaan narkoba. Secara lebih spesifik, data Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Bandar Lampung di tahun 2018 menangani 161 kasus dan kasus terbanyak yaitu narkoba sebesar 71 anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif dengan menggunakan penelitian studi kasus perilaku delikuensi penyalahguna narkoba anak di LPKA Bandar Lampung. Subjek adalah salah satu anak yang sedang menjalani pembinaan karena kasus narkoba di LPKA Bandar Lampung. Hasil triangulasi data penelitian menunjukan bahwa perilaku delikuensi penyalahguna narkoba pada anak disebabkan tiga faktor utama, yaitu keluarga, pendidikan dan pengaruh lingkungan. 
KATA PENGANTAR CHIEF EDITOR PSYCHE: JURNAL PSIKOLOGI Any Nurhayaty
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.77

Abstract

Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kami mempersembahkan Edisi Perdana Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung yang kami beri nama PSYCHE. Lahirnya Jurnal Psyche ini merupakan salah satu sumbangsih pemikiran, sarana tukar informasi, sumber wacana akademik, dan ajang untuk desiminasi gagasan, ide, dan hasil penelitian dalam bidang ilmu psikologi. Psyche secara resmi telah diakui oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan dikeluarkannya nomor eISSN 2655-6936. Psyche akan mempublikasikan jurnal dalam ranah keilmuan psikologi sebanyak 2x setahun, yaitu setiap bulan Februari dan Agustus.Dengan adanya kesempatan yang luar biasa ini, maka kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para kontributor/penulis yang telah menyumbangkan pemikiran ilmiah dalam berbagai topik psikologi. Universitas yang telah bekerja sama dalam penerbitan edisi perdana Psyche ini adalah Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Malahayati dan UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Psyche dapat diakses secara bebas melalui web Open Journal System kami melalui laman http://journal.uml.ac.id/index.php/TIT. Kami sangat terbuka menerima artikel ilmiah dalam ranah psikologi sehingga kontribusi kami dalam perkembangan keilmuan dapat semakin maju dan komprehensif. Sejalan dengan itu, tim jurnal kami sedang dalam proses pengajuan akreditas jurnal sehingga diharapkan pada edisi kedua kami di bulan Agustus 2019 jurnal PSYCHE telah menjadi jurnal yang terakreditasi Sinta. Februari, 2019 Chief EditorDr. Any Nurhayaty, M.Si., Psikolog
SUSUNAN DEWAN EDITOR PSYCHE Sovi Septania
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v1i1.79

Abstract

Berisi susunan dewan editor Jurnal Psyche disertai Mitra Bestari.