ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan metode umpan balik yang tertunda dan metode umpan balik langsung, permainan keterampilan tembakan drop bulutangkis di Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Badminton Club FIK-UNJ, pada tanggal 4 Juni hingga 29 Juni 2013, dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2X2. Anggota mahasiswa dari sampel penelitian adalah klub bulutangkis FIK-UNJ, yang berjumlah 74 orang, yang terdiri dari 20 siswa memiliki koordinasi tangan-mata yang tinggi, dan 20 siswa dengan seorang siswa memiliki koordinasi tangan-mata yang rendah. Dengan sampel acak sederhana diambil, setelah uji koordinasi mata-tangan. Analisis Two-way of Variance (ANOVA) dan tes Tukey digunakan untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi a = 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) setiap kelompok data dalam setiap sel terdistribusi normal, dan (2) setiap kelompok data memiliki varian yang homogen. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan dalam keterampilan keseluruhan permainan drop tembakan bulutangkis antara kelompok menggunakan metode umpan balik tertunda, metode umpan balik langsung (Fo = 0,005 qt = 2,262), (3) kelompok latihan memiliki koordinasi mata-tangan yang rendah, dengan metode pelatihan umpan balik yang tertunda memiliki efek yang sama pada drop shot permainan keterampilan bulutangkis, dibandingkan dengan metode umpan balik langsung (qo = 0,433
Copyrights © 2018