Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Pengukuran di Kelas IV SD Negeri 1 Puurau Kabupaten Kolaka Utara melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observeasi dan evaluasi, (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitas yang terdiri atas lembar observasi, tes hasil belajar dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I tentang materi pokok Pengukuran presentase ketuntasan mencapai 57,14 %. Dan setelah dilakukan tindakan maka presentase ketuntasan mencapai 90,47 %. Demikian pula hasil observasi guru dan siswa terhadapa pelaksanaan tindakan, presentase pelaksanaan tindakan menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I hasil observasi guru sebesar 85,83% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,67%. Sementara hasil observasi siswa terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus I yaitu 63,39% dan meningkat pada siklus II yaitu 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan pada indikator kinerja sudah tercapai pada siklus II, atau dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa dapat tercapai.Kata Kunci: model pembelajaran  kooperatif tipe  stad; hasil belajar
Copyrights © 2019