Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2017)

PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DALAM KONSTRUKSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA SMP

Agus, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quiz team. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno dengan subyek penelitian adalah 22 siswa dari kelas VIII-3 semester ganjil tahun ajaran 2015 - 2016. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kualitas proses belajar mengajar sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kualitas hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar PKn mengalami peningkatan. Pada siklus pertama ada 6 siswa yang nilainya masih dibawah 75 dan 16 siswa yang nilai tes belajarnya diatas 75. Kemudian, pada siklus kedua ada 3 siswa yang nilai tes belajarnya dibawah 75 dan ada 19 siswa yang nilai tes belajarnya diatas 75. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus pertama adalah 79% dengan rata-rata nilai 77,15 sedangkan pada siklus kedua adalah 91,2% dengan rata-rata nilai 81,4. Kata Kunci: prestasi belajar, PKn, model pembelajaran, quiz team

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...