Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 2 BATUGANDA

Mustari, Mustari (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok KPK dan FPB di kelas IV SD Negeri 2 Batuganda melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun prosedur penelitian ini terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan tindakan siklus, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data kuantitatif diambil dari tes hasil belajar.  Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sebagaimana pada tindakan siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 37,04% dengan nilai rata-rata 61,48. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85,19% dengan nilai rata-rata 82,96. Kesimpulan dari penelitian adalah aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 72,5%, pada pertemuan ke-2 77,5% pada siklus II pertemuan ke-1 85% dan pertemuan ke-2 90%, sedangkan aktivitas guru dalam KBM pada siklus I pertemuan ke-1 77,6%, pertemuan ke-2 84,2%, pada siklus II pertemuanke-1 94,7% pada peertemuan ke-2 mencapai 97,4% dan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 37,04 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85, 19 %.Kata kunci: model pembelajaran; jigsaw; hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...