Abstrak. Pengetahuan dan keterampilan berpikir siswa dapat mengalami perubahan dengan cara yang tepat, salah satu cara yang dapat dilakukan dengan menerapkan model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kreatif antar kelas yang menerapkan model pembelajaran project based learning dan kelas yang bukan project based learning pada materi daur air. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yang dikhususkan ada pola Non equivalent Control Group Design. Rancangan ini terdiri dari dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya, masing-masing kelompok penelitian diberi pretest dan posttest keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, meskipun nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol hal ini dikarenakan butuh waktu lama untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: project based learning, keterampilan berpikir kreatif
Copyrights © 2017