Borneo Journal Of Pharmascientech
Vol 2 No 2 (2018): Borneo Journal of Pharmascientech

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KARANG INTAN 2 KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR DESCRIPTION OF PATIENT SATISFACTION LEVELS ON DRUG INFORMATION SERVICES AT KARANG INTAN HEALTH CENTER 2, KARANG INTAN DISTRICT BANJAR REGENCY

Depy Oktapian Akbar (STIKES BORNEO LESTARI Banjarbaru)
Nurul Mardiati (STIKES BORNEO LESTARI Banjarbaru)
Siti Muslimah (STIKES BORNEO LESTARI Banjarbaru)
Rida Husni (STIKES BORNEO LESTARI Banjarbaru)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KARANG INTAN 2 KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR DESCRIPTION OF PATIENT SATISFACTION LEVELS ON DRUG INFORMATION SERVICES AT KARANG INTAN HEALTH CENTER 2, KARANG INTAN DISTRICT BANJAR REGENCY Depy Oktapian Akbar* 1 ,Nurul Mardiati1 , Siti Muslimah1 , Rida Husni2 1.Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari Banjarbaru, Indonesia Jl. Kelapa Sawit 8 BumiBerkat Telp. (0511)4783717 Kel.Sei Besar Kec.Banjarbaru Selatan 2 . Puskesmas Karang Intan 2 Jalan Irigasi, Desa Sungai Alang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan *Oktadepy@gmail.com ABSTRAK Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Seorang pasien jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh jasa pelayanan, sangat besar kemungkinannya untuk menjadi pelanggan dalam waktu lama. Pelayanan Informasi obat harus benar, jelas, mudah dimengerti, akurat, tidak bias, etis, bijaksana dan terkini sangat diperlukan dalam upaya penggunaan obat yang rasional oleh pasien. Penelitian dilakukan di puskesmas Karang Intan 2 dalam pelayanan informasi obat jarang dilakukan kepada pasien karena beberapa faktor. Penelitian di Puskesmas Karang Intan 2 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Karang Intan 2. Metodepenelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan jenis penelitian survei deskriptif melalui rancangan survei cross-sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 272 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obatyaitu 5 (1,84%) pasien sangat puas, 214 (78,68%) pasien puas, 51 (18,75%) pasien kurang puas dan 2 (0,73%) pasien tidak puas. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi obat, Puskesmas ABSTRACT Patient satisfaction is subjective value on the quality of services provided. A patient if he feels satisfied with the services provided is very likely to become a customer for a long time. Drug information services must be true, clear, easy to understand, accurate, ethical, prudent and up-to-date very necessary in the efforts of rational drug use by the patient. The study was conducted at Karang Intan 2 health center including drug information services that were rarely carried out on patients due to several factors. The purpose of this study was to determine the level of patient satisfaction with drug information services at Karang Intan 2 Health Center The research method used was non-experimental with descriptive survey research through a cross-sectional survey design. The sample used in the study is 272 respondents who have met the inclusion criteria. The results showed the level of patient satisfaction with drug information services namely 5 people (1.84%) very satisfied patients, 214 people (78.68%) patients were satisfied, 51 people (18.75%) patients were not satisfied, and 2 people (0.73%) patients were not satisfied. Keywords: Patient Satisfaction, Drug Information Services, Health center

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

borneo

Publisher

Subject

Chemistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Borneo Journal of Pharmascientech merupakan jurnal resmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari. Jurnal memuat naskah hasil penelitian dan artikel review bidang kefarmasian, meliputi farmasi klinik, manajemen & farmasi sosial, farmasi bahan alam, teknologi sediaan farmasi dan lain-lain. Naskah ...