Jambura Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1: Maret 2020

Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga

Suhardiman Darson Tamu (Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo)
Evi Hulukati (Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo)
Ismail Djakaria (Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2020

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan modul dan video pembelajaran matematika pada materi Dimensi Tiga. Pengembangan dengan menggunakan model ASSURE, yaitu Analyzer learner, State standards and objectives, Select strategies, Technology media and materials, Utilize technology, Require learner participation, dan Evaluate and revise. Kualitas modul dan video dalam pengembangan ini dilihat dari dua aspek yaitu validitas dan kepraktisan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi modul dan video, lembar angket respon peserta didik dan lembar angket respon guru. Hasil penelitian mengungkapkan penilaian dari validator terhadap modul dan video memperoleh kriteria valid. Selanjutnya, penerapan modul dan video dalam pembelajaran mendapatkan respon positif dari guru dengan rata-rata persentase 86.08% dan respon positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase 77.56%. Nilai rata-rata respon guru dan peserta didik ini menunjukkan kategori sangat baik, sehingga modul dan video dapat dikatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Hal ini menunjukkan bahwa modul dan video pembelajaran memenuhi aspek valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmathedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu) is a peer-reviewed journal published by the Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo. This journal is available online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JMathEdu is a national journal ...