Jambura Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 2: September 2020

Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung

Arianto A. Diu (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Djabar Mohidin (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo)
Nursiya Bito (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo)
Sumarno Ismail (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo)
Resmawan Resmawan (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika bangun ruang sisi lengkung. Bangun ruang sisi lengkung yang dibahas, difokuskan pada topik tabung dengan siswa SMP Negeri 2 Gorontalo sebagai subjek penelitian. Data penelitian diperoleh melalui observasi proses pembelajaran dan melalui angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika bangun ruang sisi lengkung tabung mencapai kategori “sangat baik”, dengan indikator: kemampuan guru dalam menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran sebesar 84%, aktifitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sebesar 84%, dan respon positif peserta didik terhadap multimedia interaktif sebesar 85%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmathedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu) is a peer-reviewed journal published by the Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo. This journal is available online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JMathEdu is a national journal ...