Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 8 No 1 (2020): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN INKLUSIF PADA SD NEGERI DI KECAMATAN NUSANIWE AMBON

Ariantje Lesnussa (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)
Elsinora Mahananingtyas (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)
Agustina Huliselan (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)
Fadli Anihu (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Fokus pada penelitian ini adalah kemampuan yang dimiliki guru kelas pada SD di Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon dalam memberikan pembelajaran serta layanan kepada anak berkebutuhan khusus pada sekolah inklusif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 19 September sampai dengan 21 Oktober 2019 serta sampel yang dilakukan terhadap guru kelas sebanyak 4 orang pada 3 SD di Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pada dasarnya guru kelas di SD Negeri Teladan, SD Negeri 85 Ambon dan SD Inpres 19 Ambon sudah cukup memahami peran guru kelas di Sekolah Inklusif. Namun, kemampuan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus belum maksimal. Hal tersebut dipengaruhi karena kurangnya kemampuan dan kompetensi guru dalam menangani dan memberikan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...