Tujuan untuk penelitian ini adalah untuk membandingkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD TGT dan JIGSAW terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan passing atas dan bawah bola voli.Metode yang digunakan adalah jenis action reseach dengan pendekatan desain pre-tes post-tes. Instrumenyang digunakan adalah pendekatan penilaian portofolio pada keterampilan passing atas dan bawah bola voli.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menunjukkanpeningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,3% dan untuk passing bawah sebesar 43,8%;penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passingatas sebesar 35,9%, sedangkan pada nilai passing bawah sebesar 43,7%; penerapan model pembelajarankooperatif tipe JIGSAW menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,1%, sedangkanpada nilai keterampilan passing bawah sebesar 44,4%. Dapat disimpulkan bahwa pada materi keterampilanpassing atas serta passing bawah model pembelajaran kooperatif tipe STAD TGT dan JIGSAWmenunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. The Method used in this action research design with pret-tes post-tesa approachment. This study usingportofolio assessment approach on volleybal overhand and Underhand pass skill as instrument. The resultsof data analysis. The implementation of STAD cooperative learning model have shown an increased learningoutput on volleyball overhead pass skill (46.3%) and Undehand pass skill (43,8%). The implementation ofTGT cooperative learning model have shown an increased learning output on volleyball overhead pass skill(35,9%) and undehand pass skill (43,7%). And the implementation of JIGSAW cooperative learning modelhave shown an increased lelarning output on volleyball overhead pass skill (46,1%), and undehand pass skill(44,4%). It can be concluded that in the material of upper and lower passing skill the cooperative learningmodel STAD,TGT and JIGSAW types showed improved learning outcomes.
Copyrights © 2019