SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis
Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA KULIAH ANATOMI I

Hidayatullah, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Metode pembelajaran merupakan strategi yang digunakan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran.Strategi pembelajaran yang direncanakan oleh pendidik akan disesuaikan dengan siapa yang dihadapipendidik, lingkungan belajar dan materi yang akan dibahas. Dalam penelitian ini mahasiswa pendidikanolahraga semester 1 yang menempuh mata kuliah anatomi 1 dengan beban 2 sks. Jumlah pertemuan yangdirencanakan minimal 12 pertemuan dan maksimal 14 pertemuan menyesuaikan dengan situasi yang akandilalui selama proses pembelajaran dalam satu semester. Sebanyak 33 mahasiswa menjadi sampel penelitiandengan teknik population sampling sehingga seluruh mahasiswa semester satu yang berjumlah satu kelasterdiri dari 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramahdiyakini dapat memaksimalkan transfer ilmu pengetahuan dengan tepat dan meminimalisir kesalahan materiyang harus dihafalkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran ceramah memberipengaruh positif pada tingkat pengetahuan mahasiswa. Hal ini nampak dari perbedaan nilai pada posttestyang lebih tinggi daripada nilai pretest. Melihat peningkatan rata-rata nilai mahasiswa dari pretest ke posttestdengan nilai pretest sebesar 42.9545 dan posttest sebesar 78.0303 maka jika di persentasekan terjadi kenaikannilai hampir dua kali lipat atau sebesar 81,58%. Learning methods are strategies that use by educators to achieve learning goals. Learning strategiesconducted by educators will be adjusted related to the educator, learning environment and the material to bediscussed. In this study, first semester sports education students who are entering anatomical subjects with aload of 2 credits. The intended number of meetings is a minimum of 12 meetings and a maximum of 14meetings that will be passed during the course of learning anatomy subject for one semester. Total of 33students became research samples with population sampling techniques. First semester students consist of 33students as research samples. Implementation of this methods believed that can be maximizing thetransferred knowledge from the right material and minimize errors that must be remembered. The results ofthe study it was found that using the lecture learning method had a positive influence on the level of studentsknowledge. This can be seen from the higher posttest difference from the pretest. Judging by the averageaverage value from pretest to posttest with a pretest score of 42.9545 and posttest of 78.0303 and if thisincreasing value turn to percentage will be found 81.58% increasing of value.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SATRIA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini adalah jurnal yang berisikan kumpulan artikel hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Olahraga dan rekreasi. terbit dua kali dalam setahun di bulan Mei dan November diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan. jurnal ini dapat diakses secara terbuka, yang ...