Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2020 - November 2020)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN TITIAN TERAS

Khairinal Khairinal (Dosen Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Farida Kohar (Dosen Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Dina Fitmilina (Alumni Program Studi Magister Pendidikan Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya.Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilakukan melalui survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket.Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 72 siswa. Pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi statisticSPSS 20.0 for windows. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa (4) untuk mengetahui pengaruh secara simultan motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulka: (1) Motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.385, t hitung > t tabel yaitu 3.726>1.666, (2) Disiplin belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.283,t hitung > t tabel yaitu 2.671 > 1.666, (3) Lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.265, t hitung > t tabel yaitu 2.434> 1.666, (4) Secara simultan motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.373, dengan taraf signifikan 0.000. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMAN Titian Teras.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...