Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 3, No 2, Oktober (2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR RUANG (OUTDOOR EDUCATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP N 3 BANDA ACEH PADA MATERI EKOSISTEM

Tahara Dilla Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Pembelajaran IPA dengan metode konvensional masih belum efektif, siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa salah satunya dengan pembelajaran luar ruang (outdoor education). Pembelajaran luar ruang  memberikan kesempatan siswa langsung belajar dari alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran luar ruang terhadap prestasi belajar siswa SMP N 3 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan berupa pretest, pelaksanaan pembelajaran luar ruang dan tahap akhir berupa post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah kelas VII1 dan VII2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap awal (pretest) diperoleh thitung = 0,98 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak ada perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimental. Setelah pelaksanaan pembelajaran luar ruang, hasil post-test diperoleh thitung = 0,015 lebih kecil dari 0,05 sehingga ada perbedaan antara kedua kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada kelas eksperimen dengan nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan pencapaian KKM≥ 70 sebanyak 20 siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran  luar ruang (outdoor education) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Banda Aceh, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA materi ekosistem.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...