Speaking merupakan kemampuan utama yang harus dikuasai oleh mahasiswa yang mempelajari bahasa Inggris, maka dari itu dibutuhkan perhatian yang khusus agar mahasiswa mampu menguasai berbicara bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Salah satu dari beberapa aspek yang perlu diperhatikan dosen dalam pengajaran speaking adalah persiapan dosen sebelum mengajar agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana dosen-dosen bahasa Inggris Unmuha mempersiapkan pembelajaran mata kuliah Speaking di Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada dosen yang mengajar mata kuliah speaking. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mempersiapkan mata kuliah Speaking dengan baik dengan membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan silabus yang tersedia serta memilih metode, materi, dan media yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.Kata Kunci: Persiapan Pengajaran, Speaking
Copyrights © 2018