Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
Vol 6, No 1 (2018): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2018

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Smartphone bagi Pengguna

Nining Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2018

Abstract

Abstrak Kehadiran smartphone memberikan banyak manfaat diantaranya adalah komunikasi menjadi lebih praktis dan efesien, karena dengan smartphone kita dapat berkomunikasi dimana dan kapan saja. Beragamnya smartphone yang ditawarkan dan daya beli masyarakat yang semakin tinggi dengan kriteria-kriteria yang ada, mulai dari daya guna, sistem operasi sampai dengan jaringannya, sehingga memicu timbulnya masalah yang membuat konsumen bingung dalam menentukan produk smartphone yang sesuai dengan keinginan. Kondisi tersebut biasanya sering dialami konsumen ketika ingin mencoba menentukan keputusan dalam membeli sebuah smartphone, sehingga tak heran jika konsumen kadang salah memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya dikarenakan beragamanya tipe, spesifikasinya dan harga yang ditawarkan karenanya diperlukan rekomendasi kepada para pembeli handphone, untuk dapat memilih atribut, fitur, dan merek handphone berdasarkan spesifikasi handphone yang sesuai dengan kriteria yang diajukan, namun pengambilan keputusan akhirnya tetap ditentukan oleh pembeli. Metode yang digunakan untuk menentukan pemilihan adalah metode ANP. Dengan metode ini diharapkan konsumen tepat dalam memilih smartphone yang akan dibeli dan digunakan. Kata kunci: ANP, Smartphone, Spk Abstract The presence of smartphones provide many benefits including communication becomes more practical and efficient, because with a smartphone we can communicate where and anytime. The variety of smartphones offered and the higher purchasing power of the existing criteria, ranging from usability, operating system to network, so that trigger the emergence of problems that make consumers confused in determining smartphone products in accordance with the wishes. The condition is usually experienced by consumers when trying to determine the decision in buying a smartphone, so no wonder if consumers sometimes choose the wrong smartphone according to their needs due to the variety of types, specifications and prices offered therefore required recommendations to mobile phone buyers, to be able to choose the attributes , features, and brands of mobile phones based on the specification of mobile phones in accordance with the criteria proposed, but decision-making ultimately remains determined by the buyer. The method used to determine the selection is the ANP method. With this method is expected the right consumer in choosing a smartphone to be purchased and used. Keywords: ANP, Smartphone, Spk

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

swabumi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, ...