Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Korelasi antara Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah (Studi kasus pada siswa Sekolah Dasar)

Angga Putra (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Ija Srirahmawati (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi terkait dengan kondisi lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib di sekolah pada siswa kelas V SD Negeri 03 Dompu tahun pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Yang dimana populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Va dan Vb sebanyak 54 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data bahwa kondisi lingkungan keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis data diperoleh nilai hitung sebesar 2.71609 kalau dibandingkan dengan nilai rtabel sesuai dengan jumlah n = 54 pada taraf signifikan 5% atau taraf kepercayaan 95% didapat angka tabel sebesar1.67356 sehingga dengan demikian hasil perhitungan lebih besar dari padanilai tabel atau 2.71609>1.67356. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada korelasi kondisi lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah pada siswa kelas V SD Negeri 03 Dompu tahun pembelajaran 2020/2021 dapat diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...