Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan warga belajar dalam merancang dan melaksanakan suatu kegiatan usaha dalam proses pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM). Pembelajaran proyek merupakan salah satu alternative model pembelajaran yang dapat membantu warga belajar untuk dapat mengembangkan kompetensinya dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi secara kooperatif kegiatan yang berbasis proyek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran pada program keaksaraan usaha mandiri binaan Sanggar Kegiatan Belajar Sawerigading Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah tutor dan warga belajar KUM. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskripti kualitatif. Untuk mengukur keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran proyek dilaksanakan melalui tahapan perencanaan dimana aktivitas tersebut berupa penyusunan RPP yang melibatkan salah seorang Warga Belajar sebagai bagian dari identiļ¬ kasi kebutuhan, tahap pelaksanaan pembelajaran diawali dengan memberi pertanyaan pancingan sebagai bahan diskusi untuk merencanakan proyek yang dilanjutkan dengan diskusi dan aksi pelaksanaan proyek, adapun evaluasi dilaksanakan secara terus menerus selama proyek berlangsung hingga evaluasi tertulis untuk mengukur tingkat pengetahuan warga belajar.
Copyrights © 2017