Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL AKRAB

PENGARUH PELATIHAN KEUANGAN, ORGANISASI, DAN INTENSITAS BELANJA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN MASYARAKAT MILENIAL

Daddy Darmawan (Universitas Negeri Jakarta)
Rahmat Syah (Unknown)
Achmad Syandika Putra (Unknown)
Diana Novita Sari (Unknown)
Hana Fauziyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah faktor-faktor dari keaktifan mengikuti seminar/workshop keuangan, pengalaman organisasi, dan intensitas belanja online mempengaruhi kemampuan literasi keuangan pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 100 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan uji ANOVA. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasilnya ketiga variabel (keaktifan mengikuti seminar/workshop keuangan, pengalaman organisasi, dan intensitas belanja online) yang diduga menjadi faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi keuangan pada mahasiswa, ternyata hasilnya tidak mempengaruhi dengan hasil rata-rata pada tiap variabel terikat (Y) dan bebas (X) yaitu rata-rata variable: Literasi Keuangan = 2,84 Keaktifan Mengikuti Seminar/Workshop = 3,61 Pengalaman Organisasi = 3,74 Intensitas Belanja Online = 3,51. Saran untuk penelitian selanjutnya harus lebih cermat dalam penentuan variabel bebas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...