JURNAL ILMIAH EDUKATIF
Vol. 5 No. 2 (2019): Edukatif

PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF QS. LUQMAN: 13-15

Khairul Muttaqin (Dosen Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Politeknik Negeri Ketapang)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Salah satu problem yang paling besar dan mendasar dalam kehidupan masyarakat adalah dekadensi moral. Pendidikan belum sepenuhnya menghasilkan manusia yang sempurna (insan kamil). Pakar pendidikan Islam, misalnya Ahmad Tafsir (2008: 124-125) mengingatkan bahwa pendidikan kita masih sanggup menghasilkan koruptor, masih menghasilkan lulusan yang suka memaksakan kehendak, suka narkoba, tawuran, dan lain-lainnya. Kegagalan pendidikan kitaterutama pada pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak mestinya menjadi core pendidikan nasional. Kitab suci al-Quran merupakan kalamullah (firman Allah) yang kebenarannya bersifat mutlak dan universal, ditujukan untuk seluruh umat manusia sebagai pedoman hidup (way of life). Harus diakui, walaupun al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia dalam berbagai aspeknya, terutama aspek pendidikan, namun petunjuk tersebut masih bersifat global, sehingga perlu pengkajian lebih lanjut melalui proses penafsiran. Penafsiran tentang ayat-ayat pendidikan (tafsir tarbawi) diharapkan mendapat pemahaman tentang pendidikan dalam Islam. Salah satu ayat al-Quran yang mengandung nilai-nilai pendidikan, khususnya tentang pendidikan akhlak, adalah pada QS. Luqman: 13-15. Dalam QS. Luqman: 13-15 terdapat larangan dan dan perintah Allah. Larangan-Nya yaitu tidak melakukan kemusyrikan kepada-Nya. Perintah-Nya yaitu kewajiban untuk berbakti dan berbuat baik kepada kedua tua. Mengingat QS. Luqman: 13-15 berbicara tentang pendidikan akhlak, maka perlu pengkajian lebih lanjut bagaimana pendidikan akhlak dalam perspektif QS. Luqman: 13-15. Hasil Pengkajian QS. Luqman: 13-15 diharapkan dapat mengetahui apa materi, metode, dan tujuan pendidikan akhlak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan ...