Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018

PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK (PENELITIAN EXPOST FACTO PADA PAUD RINTISAN DI KENDARI)

Hadi Machmud (IAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Masalah sosial yang sering dihadapi anak adalah rendahnya keterampilan sosial, yang merupakan dasar untuk hidup berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama, mengontrol diri bertukar pikiran. Rendahmya keterampilan sosial mengakibatkan anak kurang mampu menjalin interaksi secara efektif dengan lingkungannya dan memilih tindakan agresif. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis expost facto, yang dilakukan pada 10 PAUD Rintisan di Kendari, dengan permasalahan; (1) apakah terdapat perbedaan keterampil an sosial anak dengan pola asuh demokrasi dan pola asuh otoriter?, (2) apakah terdapat perbedaan keterampil an sosial anak dengan pola asuh  demokrasi dan pola asuh permisif?, (3) apakah terdapat perbedaan keterampi lan sosial anak dengan pola asuh  pola asuh permisif dan pola asuh otoriter? Penelitian menggunakan desain faktor 2x2, dengan hasil analisis bahwa Fh = 48.093 > F0,05 (2;84) = 3,105, dengan hipotesis (H0) diterima. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan/positif  anatara pola asuh baik yang otoriter, permisif maupun demokrasi dengan keterampilan sosial anak. (1) Keterampilan sosial kelompok A2 lebih baik dari pada A1,( 2) Keterampilan sosial (A2) lebih baik dari A3), dan (3) Keterampilan sosial (A3) lebih baik dari (A1).Kata Kunci: Pola Asuh; Keterampilan Sosial; Anak Usia Dini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is ...