SIMBIOSA
Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SIMBIOSA

Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Sirkulasi untuk Siswa SMA Kelas XI

Miftahussa'adiah Miftahussa'adiah (Universitas Negeri Padang)
Heffi Alberida (Universitas Negeri Padang)
Dezi Handayani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2020

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan. Siswa yang berpikir kritis tidak hanya menerima informasi yang diperoleh, namun dapat menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahannya. Kemampuan berpikir kritis dapat dilatih dengan memberikan asesmen yang berada pada tingkat kognitif C4-C6. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen kemampuan berpikir kritis pada materi sistem sirkulasi yang valid dan praktis. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas (validitas logis), serta soal multiple choice with written justifification (pilihan ganda dengan menuliskan argumen). Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan asesmen berpikir kritis untuk materi sistem sirkulasi yang valid dan praktis. Hasil uji validitas menunjukkan soal valid (secara logis dan empiris). Reliabilitas soal tinggi yaitu 0,61, tingkat kesukaran soalĀ  antara 0,31 sampai dengan 0,70, dan soal memiliki daya beda cukup, baik dan baik sekali. Daya beda cukup dengan persentase 10%, daya beda baik dengan persentase 60%, dan daya beda baik sekali dengan persentase 30%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan telah dihasilkan asesmen kemampuan berpikir kritis yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel dengan tingkat kesukaran sedang, dan memiliki daya pembeda yang baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...