Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Vol 7, No 1 (2019): Februari

Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman)

Buhari Muslim (Universitas Ahmad Dahlan)
Dewi Soyusiawaty (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Perkembangan teknologi dalam pembelajaran berkembang cukup pesat. Manfaat teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan seperti elektronik edukasi atau pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan komputer serta software-software digital lainnya. Multimedia pembelajaran yang akhir-akhir ini sangat banyak digunakan oleh guru atau siswa dalam proses belajar mengajar seperti multimedia interaktif pada materi hidrolisis garam. Multimedia interaktif merupakan pola komunikasi dua arah antara komputer dengan siswa atau siswa dengan komputer (interaktif). Program ini dikembangkan dengan metode siklus pengembangan sistem seperti merancang konsep, analisis struktural, desain sistem, pembuat produk, testing, sistem dan memilihara sistem. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobeflash CS3 software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamis. Penelitian ini diuji dengan menggunakan blackbox test dan alpha test yang hasilnya menunjukan 89% dengan kategori sangat baik untuk alpha text yang diuji oleh siswa dimana pengguna dapat memilih menu berupa menu pendahuluan, menu materi ,evaluasi dan petunjuk. Blackbox test yang hasilnya menunjukan 88.9 % dengan kategori sangat baik yang diuji oleh ahli media selaku guru kimia. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa program yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kimia dengan topik khusus materi hidrolisis garam untuk SMA Negri I Ngaglik Sleman kelas XI.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSTIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) ...