Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEDAN

Indra Maryanti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU))
Suvriadi Panggabean (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU))



Article Info

Publish Date
29 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk essay test sebanyak 5soal. Hasil penelitian di dapat nilai rata-rata variabel X adalah 3,22 dan simpangan bakunya adalah 0.244 sedangkan nilai rata-rata variabel Y adalah 82,82 dan simpangan bakunya adalah 7.88. Dari hasil penelitian yang diteliti penulis diperoleh bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu ada pengaruh strategi pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Medan Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan koefisien determinasi sebesar 68,2% artinya variasi yang terjadi pada hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh strategi pembelajaran generatif sebesar 68,2% dan 31,8% dipengaruhi oleh hal lainnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...