Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

KAJIAN: ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MELALUI LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

Malalina Malalina (Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang)
Pitriani Pitriani (Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang)
Rika Firma Yenni (Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2019

Abstract

Kajian ini membahas mengenai komponen-komponen yang harus ada pada LKS berbasis pendekatan saintifik untuk mendorong active knowledge sharing siswa. Berdasarkan teori-teori dan penelitian relevan yang dikaji diperoleh hasil bahwa komponen yang harus ada di dalam LKS adalah (1) judul LKS; (2) identitas; (3) “mengamati”; (4) “menanya”; (5) “mengumpulkan informasi”; (6) “mengasosiasi”; (7) “mengkomunikasikan”. Hasil kajian ini diharapkan dapat dikembangkan pada penelitian-penelitian berikutnya. LKS berbasis pendekatan saintifik ini jika dilihat dari komponen-komponen yang dikandungnya, diprediksi dapat menjadi salah satu sarana untuk siswa melakukan active knowledge sharing.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...