Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2019): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI MTS SWASTA LHULO

Paskoni Paskoni (Unknown)
Eline Yanty Putri Nasution (Unknown)
Rahmi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar matematika materi lingkaran dan faktor penyebabnya. Informan kunci dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Lhulo Kecamatan Bukit Kerman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metodenya adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII di MTs Swasta Lhulo tergolong rendah. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII di MTs Swasta Lhulo yakni: kurangnya penggunaan media pembelajaran, penerapan metode yang kurang tepat, kurang terpenuhinya kebutuhan belajar, rendahnya tingkat intelegensi siswa, dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar matematika.Upaya mengatasi kesulitan belajar matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII di MTs Swasta Lhulo, diantaranya ialah : membuat jadwal belajar di rumah, memberikan bimbingan pada siswa, menggunakan metode bervariasi, menggunakan metode belajar tuntas dan pengadaan fasilitas penunjang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...