Miracle Journal Of Public Health (MJPH)
Vol 3 No 1 (2020): Miracle Journal of Public Health

HUBUNGAN KECEPATAN MENDAPATKAN LAYANAN, RAMAH DAN SIKAP SANTUN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BUTON UTARA

Muhammad Ikhsan Akbar (STIKES Mandala Waluya Kendari)
Sartini Risky MS (STIKES Mandala Waluya Kendari)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Buton Utara saat ini memfokuskan pemberian pelayanan kesehatan berkualitas yang diharapkan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien Rawat Inap terhadap pelayanan RSUD Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey deskriptif. Sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan besaran sampel 45 Responden. Data primer diperoleh dari responden yang dikumpulkan oleh peneliti melalui pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecepatan mendapatkan pelayanan sudah baik karena ada sekitar 51,1% yang menyatakan telah mendapatkan pelayanan dengan cepat. Kecepatan mendapatkan layanan di semua aspek akan mendukung kepercayaan masyarakat dalam hal memilih pelayanan kesehatan untuk menangani masalah kesehatannya oleh karena itu kualitas layanan rumah sakit harus tetap ditingkatkan untuk menjaga mutu rumah sakit. Untuk sikap ramah dan sopan petugas di Rumah Sakit Umum daerah Buton Utara menunjukkan bahwa secara garis besar pasien atau responden menganggap bahwa petugas kesehatan sebagian besar bersikap ramah serta sopan santun terhadap pasien yang berkunjung ke Rumah sakit. Pelayanan yaang diberikan oleh rumah sakit yang berupa kemudahan, kecepatan, hubungan, kemampuan dan keramahtamahan yang ditujukan melalui sikap dan sifat dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjph

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Miracle Journal of Public Health (MJPH) merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya dengan eISSN 2622-7762. Publikasi jurnal rutin dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan ...