PRISMA
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 1 tahun 2018

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG YANG MELIBATKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN BAGI SISWA KELAS V DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MODEL

Sarip Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini memakai model PBL (Problem Based Learning) dengan harapan akan mendorong peserta didik dalam meningkatkan pemahaman dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan, melatih menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi juga membiasakan belajar kelompok melalui penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep, tujuan dan kondisi peserta didik. Pelaksanaan Penelitian terdiri dari dua siklus. Pada siklus Pertama belum ada peningkatan yang berarti, ini disebabkan peserta didik masih belum terbiasa menyelesaikan suatu masalah dengan kerja kelompok, sedangkan pada siklus Kedua peserta didik mulai terbiasa menyelesaikan tugas secara kelompok dengan adanya kerjasama dalam mengerjakan tugas dengan baik. Hal ini bisa terlihat dari pencapaian aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 18,60%, aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 14%, dan kemampuan kognitif peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 6,3%, dan prosentase ketuntasan pun mengalami peningkatan sebesar 14,63%. Dari hasil pelaksanaan Siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan pada siswa Kelas V SDN Ibu Dewi VII Cianjur.  Kata Kunci : Model Problem Based Learning, pemahaman

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...